» » » Kembalikan performa mesin mobil

Kembalikan performa mesin mobil

posted in: Tips DR OTO | 0

Mobil pribadi seakan sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan pemiliknya. Mobil itu sudah seperti “kaki” yang siap mengantarkan ke mana saja, mulai dari ke kantor, mengunjungi sanak saudara, liburan, dan segudang aktivitas lainnya. Walau demikian, semakin sering memakai mobil performanya juga semakin menurun, kurang laju walau dipacu, boros bensin, mesin “ngelitik” dan tidak bertenaga.

Keadaan mobil seperti ini umumnya akibat bensin yang tidak dapat terbakar secara sempurna karena terdapat kotoran karbon menumpuk dan mengeras di bagian-bagian vital ruang bakar mesin seperti di injektor/karburator, katup pemasukan, ruang bakar, lubang pemasukan, kepala silinder dan permukaan atas piston.

Jika keadaan mobil “loyo” ini dibiarkan terus menerus dan terlanjur parah, bongkar mesin atau turun mesin menjadi solusinya, dan ini tentunya menjadi horor bagi setiap pemilik mobil. Bukan apa-apa, biaya yang dikeluarkan untuk membongkar dan membersihkan kerak tersebut sangatlah mahal. Belum lagi soal resiko lainnya seperti harga jual mobil akan jatuh.

Nah salah satu solusi untuk mengembalikan performa mobil kembali optimal adalah dengan melakukan tune up mesin. Pertanyaannya, apakah mobil kita perlu di tune up? mengingat teknologi mesin mobil saat ini semua komponennya sudah diatur otomatis oleh komputer.

Sebenarnya seiring dengan pemakaian mobil dan jarak tempuh yang tinggi, tune up mobil sudah menjadi keharusan, baik mobil lama maupun keluaran terbaru. Kita bisa saja membawa mobil ke bengkel rekomendasi untuk tune up, namun biasanya bengkel hanya melakukan tune up dan perawatan mesin tanpa benar-benar menyelesaikan problem utama seperti membersihkan kerak di ruang bakar, kepala silinder, katup, dudukan katup, dan lain sebagainya, karena untuk membersihkan komponen tersebut mekanik harus membongkar mesin.

Lalu bagaimana mengatasinya? Adapun cara yang paling efektif, efisien, mudah, murah, dan tanpa menimbulkan efek negatif pada mesin adalah dengan memberikan cairan aditif bensin khusus pembersih sistem ruang bakar mesin. Cara pakainya juga mudah, cukup masukan cairan tersebut ke dalam tank bahan bakar dan dilakukan berkala setiap 5000 kilometer.

Apabila kita cari suplemen pembersih ruang bakar ini di pasaran, kita akan dihadapkan dengan beberapa pilihan produk yang sudah tentu membuat bingung dalam memilih yang tepat seperti apakah produk yang dicari untuk mesin bensin atau diesel, bentuk yang cair atau padat, dan sebagainya. Khusus untuk pembersih ruang bakar disarankan memilih produk yang berbentuk cair karena jika bentuk padat dikhawatirkan dapat membuat endapan sehingga bukannya menjadi solusi malah menjadi masalah baru yaitu tersumbatnya saluran bahan bakar.

Kita bisa memilih aditif bensin pembersih ruang bakar yang berkualitas dan terpercaya keunggulan produknya seperti STP Complete Fuel System Cleaner yang mampu bekerja sendiri sesuai dengan tugas pokoknya, yaitu membersihkan kerak dan deposit di karburator, katup pemasukan, injector, ruang bakar, lubang pemasukan, kepala silinder dan permukaan atas piston. Aditif bensin yang berkualitas tidak akan mengakibatkan endapan pada komponen mesin karena sifatnya yang dapat bersenyawa dengan bensin, menyatukankan senyawa asing yang ada di bensin, melunturkan kerak karbon yang menempel pada permukaan komponen mesin untuk kemudian kotoran tersebut terbakar dan terdorong ke saluran pembuangan.

Efek langsung yang bisa dirasakan setelah memakai aditif bensin pembersih ruang bakar ini seperti tarikan mobil akan terasa enteng dan konsumsi bahan bakar lebih irit dikarenakan sudah tidak ada lagi pemborosan bensin akibat pembakaran bensin yang tak sempurna. Penggunaan jenis produk ini secara teratur juga dapat memperpanjang usia pakai kendaraan dan sudah tentu performa mesin mobil akan tetap prima.

The post Kembalikan performa mesin mobil appeared first on DR OTO.