Prestone merupakan salah satu produk coolant terbaik dari Amerika, mulai dikembangkan pada tahun 1927 dan merupakan perusahaan pertama yang menggunakan bahan dasar Ethylene Glycol untuk cairan pelindung sistem pendingain mesin terus berlanjut sampai sekarang, Prestone Coolant sendiri di kembangkan karena permasalahan pada mesin mobil yang cepat panas, dan oksidasi pada radiator yang dikarenakan penggunaan cairan pendingin yang biasa atau bahkan air mineral. Dengan melihat permasalahan itu Prestone membuat terobosan dengan membuat atau menciptakan produk dengan mencampur bahan aktif Ethylene Glycol dan juga Propylene Glycol dimana senyawa kimia ini memiliki titik beku yang sangat luar biasa rendah, akan menjamin kestabilan suhu dari senyawa atau campuran bahan itu sendiri, sehingga aman bagi radiator, water pump, thermostat, bahkan untuk radiAator yang berbahan dasar alumunium. Dan tentu saja semua masalah masalah, seperti mesin cepat panas, korosi pada radiator, bahkan radiator jebol, dapat teratasi dengan memakai Prestone coolant.

Perjalanan Prestone.

Sudah lebih dari 8 dekade prestone memberikan yang terbaik bagi para penggunanya, perjalanan itu diawali dari 1927.

1927_

Prestone® ethylene glycol adalah ethylene glycol murni dalam kaleng, dengan grafik yang dipublikasikan pada saat itu menunjukkan perlindungan yang baik tidak mendidih atau membakar, dan relatif tidak berbau, Prestone® ethylene glycol menawarkan keuntungan yang berbeda untuk beberapa bahan yang digunakan pada saat itu seperti air, madu, gula, tetes tebu dan, yang paling populer pada saat itu, metil alkohol.

Prestone mengembangkan dan memasarkan inhibitor yang pertama kali, inhibitor disini berguna untuk lebih melindungi sistem pendingin dan menghambat pembentukan karat.

 

Prestone Long Life Coolant menawarkan pruduknya untuk perlindungan semua Sistem Pendingin Logam termasuk aluminium!


Perusahaan mobil Amerika, Ford Motor Company, General Motors dan Chrysler mulai memasukkan air 50% dan 50% larutan etilen glikol antibeku dalam mobil baru mereka, dimana ini menimbulkan pemikiran baru bahwa cairan coolant sama pentingnya dengan oli mesin atau cairan transmisi otomatis.


Prestone memformulasikan ulang semua produknya dan memulai mematenkan silicone-silicate copolymer, yang sangat berguna untuk meningkatkan efektivitas inhibitor, terutama untuk aluminium komponen sistem pendingin.


Tahun ini Prestone® Super Flush mulai diperkenalkan, dimana produk ini diformulasikan untuk menghilangkan karat dan korosi dari radiator. Setelah Prestone® Super Flush menjadi nomor satu di pasar flush, Prestone® super Radiator Sealer, Super Radiator Cleaner dan Super Radiator Anti-Rust diperkenalkan ke pasaran.


Prestone® coolant sekali lagi membuat formula baru untuk lebih memberikan perlindungan terhadap korosi yang lebih baik dimana pada saat itu ada banyak peningkatan jumlah komponen sistem pendingin aluminium yang digunakan dalam mobil.


Prestone® memperkenalkan coolant dalam banyak variant termasuk Prestone® coolant LowTox ™ ,Prestone® Extended Life 5/150 dan RV antifreeze. Prestone® coolant LowTox ™ memberikan tambahan yaitu produk yang aman, apabila tidak sengaja terkonsumsi oleh hewan peliharaan atau satwa lain yang sudah disahkan oleh ASPCA (American Society for the Prevention of Cruelty to Animals).


Prestone® melakukan perubahan pada kemasan dan mematenkan “No Glug Jug”. Di botol yang baru ini produk Prestone mudah untuk dituang.

Kenapa harus Prestone?

Prestone Radiator Coolant adalah cairan pendingin mesin yang diformulasikan untuk semua jenis kendaraan bermotor yang menggunakan cairan sebagai media pendingin mesin (Engine Cooling System). Prestone Radiator Coolant bukan sekedar cairan yang diberi pewarna tetapi lebih dari itu merupakan cairan yang meningkatkan titik didih air, karena mesin membutuhkan suhu kerja minimum untuk berfungsi secara maksimal, Prestone Radiator Coolant merupakan cairan yang dilengkapi dengan beberapa Additive tambahan yang memiliki fungsi utama:

• Sebagai Pendingin Mesin
Cairan Prestone Radiator Coolant dirancang tahan terhadap suhu mesin yang panas, karena titik didihnya ditingkatkan sehingga mencegah terjadinya gelembung udara (mendidih) saat cairan radiator mentransfer panas mesin ke dalam radiator sehingga proses pendinginan mesin berjalan maksimal dan over heating dapat dicegah terutama dalam kondisi lingkungan kerja mesin yang berat seperti panas terik, traffic jam dan perjalanan panjang.
• Sebagai Anti Karat & Korosi
Cairan Prestone Radiator Coolant mengandung additive anti karat dan korosi untuk mencegah radiator, thermostat, water pump dan engine jacket terhindar dari karat dan korosi akibat panas mesin yang terus menerus.
• Sebagai Pelumas (Lubricant)
Cairan Prestone Radiator Coolant berfungsi sebagai pelumas yang memperlancar kerja thermostat dan water pump agar sirkulasi cairan dalam proses pendinginan berjalan baik dan maksimal.