Musim hujan sebentar lagi akan tiba. Sudah tiba saatnya untuk para pengendara motor menyiapkan perawatan ekstra kepada helm kesayangannya. Artikel ini akan memuat tips membersihkan kaca (visor) helm yang paripurna. Karena helm kesayangan Anda pasti sangat Anda cintai, perawatannya tidak boleh sembarangan karena bisa menimbulkan baret. Simak beberapa tips berikut agar helm Anda senantiasa terawat di musim hujan.

Kondisi kaca helm sangat perlu diperhatikan terlebih saat musim hujan seperti sekarang. Saat Anda sering berkendara motor saat hujan, kotoran yang bisa menempel di kaca helm setelah digunakan akan semakin banyak. Untuk merawat kaca helm, pertama bersihkan lapisan luar jika sudah terlihat kusam atau terkena kotoran, debu, atau hujan.

Hal yang paling penting, kita harus memperhatikan betul perangkat yang akan kita gunakan untuk membersihkan kaca helm. Paling utama, pilihlah kain lap yang sesuai agar proses pembersihan tidak berisiko merusak kaca helm. Cara paling baik dalam membersihkan kaca helm adalah menggunakan kain dengan serat halus seperti kain mikrofiber yang dapat mencegah lecet akibat proses pembersihan.

Hindari penggunaan lap plas chamois atau “kanebo” karena penggunaan kain pembersih dari bahan tersebut malah rentan membuat kotoran halus menempel pada permukaan kain dan berisiko membuat guratan pada permukaan kaca helm.

Selain pemilihan kain lap yang harus tepat, penggunaan sabun untuk membersihkannya juga harus diperhatikan. Sebaiknya, dalam membersihkan helm, Anda menggunakan sabun atau cairan pembersih khusus untuk membersihkan kaca helm.

Sebaiknya, Anda jangan menggunakan sabun mandi atau sabun cuci piring karena dalam jangka panjang berisiko membuat kaca helm rusak. Anda harus menghindari juga penggunaan cairan pembersih kaca. Cairan-cairan yang disebutkan tadi biasanya mengandung amonia yang justru dapat merusak polikarbonat pada kaca helm yang berdampak menurunnya tingkat kejernihan.

Untuk praktik pengaplikasiannya, pertama bersihkan dulu visor helm dari kotoran kasar dengan cara disiram menggunakan air yang mengalir. Setelah kotoran kasar hilang dari permukaan kaca helm, Anda bisa membersihkannya menggunakan sabun dan lap mikrofiber.

Oke, itu tadi beberapa tips dan praktik yang benar dalam membersihkan kaca helm setelah digunakan berkendara saat hujan. Semoga tips ini bisa membantu Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.