Saat ini banyak orang jadi ketar-ketir karena pembatasan BBM bersubsidi. Selain pembatasan pengguna BBM subsidi, harga BBM nonsubsidi saat ini juga harganya terus naik yang cukup memberatkan banyak orang.

Agar tidak terlalu tekor kalian bisa bikin motor tidak boros bensin, tentu harus melakukan berbagai cara.

Ternyata salah satu trik agar motor tidak boros bensin dengan cara mengisi oli mesin sesuai anjuran pabrikan.

Contohnya jenis motor bebek dan motor matic rata-rata cukup diisikan 800 ml oli, sementara motor sport bisa sampai 1 liter lebih sedikit.

Ketika Anda mengisi lebih dari anjuran pasti putaran mesin akan jauh lebih berat dan mesin bekerja ekstra. Putaran mesin yang lebih berat akibat mengisi oli mesin kelewat banyak akan bikin konsumsi bensin lebih boros.

Selanjutnya, piston akan berat saat bergerak dan mesin akan susah untuk mencapai putaran yang optimal akibat terlalu banyak oli.

Jadi, meskipun terlihat sepele ternyata mengisi oli mesin terlalu banyak bisa bikin konsumsi bensin lebih boros.

Selain itu, ada efek yang timbul jika mengisi oli tidak sesuai standar pabrikan, untuk motor kopling manual, biasanya sering terjadi slip kopling karena oli terlalu banyak. Sementara untuk motor matic, pengisian oli yang terlalu banyak akan berefek pada mudah jebolnya seal yang menahan oli mesin.

Seperti seal kruk as, kalau jebol nanti oli bisa masuk ke CVT dan bikin slip. Mengisi oli terlalu banyak memang cukup sering dilakukan para pemilik motor matic dimana takaran anjurannya 800 ml tapi diisi 1 liter.

Leave a comment

Your email address will not be published.