Karena belakangan ini BBM bersubsidi dibatasi pembeliannya, antrean motor yang mengisi bensin di pom bensin pun saat ini cenderung mengular. Nah, banyak pengendara motor mengeluarkan beragam siasat agar bisa menghemat bensin. Selain agar kantong aman, para pengendara motor juga bersiasat agar tidak perlu sering-sering mengantre mengisi bensin. Salah satu teknik yang sering dipakai oleh para pengendara motor matic adalah menggunakan roller dengan berat lebih ringan dari pada roller asli.

Salah satu cara untuk membuat konsumsi bensin motor matic lebih irit di tengah pengguna BBM subsidi yang dibatasi lewat aplikasi MyPertamina, Anda bisa ubah bobot roller jadi lebih ringan.

Teknik modifikasi ini memang bukan berasal dari sembarang teori, kalau bobot roller pakai yang lebih ringan dari bawaan aslinya tentu hasilnya adalah akselerasi lebih cepat.

Dengan begitu, Anda tidak perlu membuka gas besar untuk menjalankan motor di putaran awal. Ini yang konon membuat konsumsi bensin motor matic bisa lebih irit.

Seperti dikutip dari GridOto.com, beberapa anggota dari redaksi GridOto sendiri sudah pernah menguji efek pakai roller yang lebih ringan di motor matic.

Saat itu pengetesan dilakukan di Honda Vario Techno 110 dengan bobot roller bawaan 13 gram.

Kemudian diganti dengan roller yang bobotnya 11 gram atau lebih ringan 2 gram dari bawaannya.

Pengetesan dilakukan langsung di jalur perkotaan dengan kondisi jalan yang datar tapi dalam kondisi macet atau stop & go serta kecepatan tidak dibatasi dan dikendarai oleh orang yang sama.

Saat pakai roller standar yang berbobot 13 gram, 1 liter bensin bisa menempuh total 32,5 km.

Kemudian ganti pakai roller aftermarket dengan ukuran 11 gram, lalu dipakai melintasi kondisi jalan yang sama dengan gaya riding yang sama pula. 

Ternyata hasilnya cukup terbukti dimana penggunaan roller yang lebih ringan bisa bikin bensin lebih irit dengan mampu menempuh jarak 38,2 km untuk 1 liter bensin.

Jadi penggunaan roller yang lebih ringan memang teruji dan mumpuni untuk bisa bikin bensin lebih irit 5,7 km/liter.

Namun, patut diingat bahwa memang untuk penggunaan roller disarankan tidak turun terlalu

jauh, cukup 1 hingga 2 gram saja dari standarnya jangan lebih karena hasilnya nanti bisa berbeda.

Leave a comment

Your email address will not be published.