Hingga saat ini masih banyak pengendara mobil yang memperdebatkan perihal bagaimana seharusnya letak perseneling di mobil transmisi matik saat sedang berhenti. Jadi, sebaiknya, saat berhenti di jalan, posisi transmisi mobil matik tetap di D atau pindah ke N?

Pertanyaan saat berhenti di jalan itu mobil matik tetap di D (Drive) atau pindah ke N (Netral) memang masih saja kerap muncul dan jadi perdebatan.

Saat berhenti, pengemudi mobil bertransmisi matik memiliki dua pilihan, yaitu tetap di D atau pindah ke N.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami mengacu pada pernyataan dari seorang pakar, “Anda bisa tetap di D sambil menginjak pedal rem bila sedang berhenti sesaat,” jelas Ichsan Ady Permana, Staf Instruktur Technical Training Center PT Astra Daihatsu Motor (ADM) seperti dikutp dari GridOto.com.

Jadi, misalnya Anda sedang berhenti sejenak seperti dalam kondisi lalu lintas yang macet atau stop ‘n go, sebaiknya tuas transmisi bisa tetap berada di posisi D sambil kaki kanan Anda terus menginjak pedal rem.

“Kalau Anda sedang berhenti dengan waktu yang lama, sebaiknya pindahkan tuas transmisi ke posisi netral,” lanjut Ichsan.

Ilustrasi kondisi berhenti lama di jalan adalah saat menunggu lampu merah di traffic light.

Sebaiknya, saat berhenti di posisi N ini Anda menarik tuas rem tangan.

Tujuannya untuk mencegah mobil bergerak sendiri akibat permukaan jalan yang miring.

Sekarang Anda seharusnya sudah tahu saat berhenti di jalan, mobil matik tetap di D atau pindah ke N.

Jadi, mulai sekarang jangan gundah lagi ya.

Leave a comment

Your email address will not be published.