Harga merupakan salah satu kendala pengembangan mobil listrik di dalam negeri. Seperti diketahui bersama, harga mobil listrik saat ini, jauh di atas rata-rata kemampuan masyarakat Indonesia.
Kebanyakan dijual di atas 500 juta rupiah, padahal disebut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kebanyakan orang Indonesia membeli mobil dengan banderol 300 jutaan rupiah. Mobil listrik Hyundai misalnya, termurah dijual 682 juta rupiah. Dua model sisanya dibanderol di atas itu.

Namun, baru-baru ini, pabrikan asal China Wuling memunculkan asa agar masyarakat bisa membeli mobil listrik dengan harga lebih terjangkau. Pasalnya, mobil listrik bernama Wuling Air ev itu diperkirakan punya harga 250—300 juta rupiah.

Sebagai produsen yang lebih dulu meramaikan pasar mobil listrik murni di Indonesia, apakah Hyundai bakal mengambil langkah serupa?

Mengutip laman Automotivenews, Kamis (21/7/2022) Hyundai Eropa sudah memiliki rencana untuk menghadirkan mobil listrik di segmen city car.  “Target kendaraan jenis ini dijual dengan harga 20.000 Euro (300 jutaan rupiah),” ujar Chief Marketing Hyundai Motor Europe, Adreas Christoph Hofmann. Hofmann menjelaskan, sejauh ini tantangan dalam mengembangkan mobil listrik mungil itu terkait harga dan juga baterai. Sebab, sekarang ini komponen pendukung baterai masih sangat mahal otomatis menjadikan banderol mobil listrik menjadi mahal.

Peluang Hyundai menghadirkan mobil listrik dengan harga terjangkau memang terbuka lebar. Pasalnya, Hyundai sudah memiliki fasilitas produksi kendaraan listrik di dalam negeri. Terlebih, Hyundai Motor Group bersama dengan LG Energy Solution juga tengah membangun pabrik baterai mobil listrik dan siap beroperasi pada tahun 2024.

Di samping itu, Hyundai juga tengah mempersiapkan mobil listrik kecil untuk pasar India. Diberitakan Reuters belum lama ini, mobil listrik kecil merupakan bagian dari rencana Hyundai untuk meluncurkan kendaraan listrik di India pada tahun 2028. Meski demikian, untuk pasar Indonesia Hyundai masih akan fokus dengan produk-produk yang dijual saat ini yakni Ioniq Electric, Kona Electric, dan Ioniq 5.

Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, dengan adanya persaingan dari para produsen mobil listrik di Indonesia, kita sebagai konsumen akan bisa menuai keuntungan, yaitu bisa membeli mobil listrik kualitas mantap dalam kisaran harga 300 jutaan rupiah.

Leave a comment

Your email address will not be published.