Fungsi radiator adalah sebagai alat pendingin mesin mobil. Radiator berisi cairan atau air yang mengontrol panas pada mesin mobil sehingga tidak mudah rusak. Definisi radiator yang rusak, bisa berupa bocor atau karena ada sumbatan di dalam radiator, adalah dengan ciri-ciri seperti berikut ini:

  1. Mobil Overheat

Overheat adalah kondisi dimana mesin mengalami panas yang berlebihan. Biasa terjadi saat kerusakan pada radiator sudah sangat parah karena kamu tidak pernah mengecek radiator. Kondisi ini muncul bisa karena kipas radiator yang mati atau karena air radiator habis. Radiator adalah komponen yang sangat vital dalam pendinginan suhu mesin. Karena komponen inilah yang akan melepaskan panas mesin ke udara. Sehingga kalau temperatur suhu mesin menyentuh level merah, salah satunya bisa disebabkan karena radiator rusak.

  1. Volume Air Radiator Habis 

Air pendingin berfungsi sebagai media mengantarkan panas dari mesin ke radiator. Air pendingin yang selalu habis, bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada sistem pendingin, salah satunya radiator. Kebocoran pada radiator bisa disebabkan karena radiator pernah mengalami benturan (misal tertabrak dari depan) atau terkena lontaran batu.

  1. Tetesan Air di Bawah Radiator

Air radiator bocor pasti akan terlihat letak kebocorannya karena air yang bocor akan menetes ke bawah. Sekarang coba perhatikan di bawah mobil kamu, apakah ada tetesan air tepat dibawah mobil anda ? Tapi hati-hati, harap bedakan dengan tetesan air pembuangan AC yang biasanya di bawah pembatas antara kabin dan ruang mesin mobil.

  1. Karat di Permukaan Radiator

Kalau kamu belum yakin, coba perhatikan permukaan radiator. Memang permukaan radiatornya terhalang kondensor AC di depan dan di belakang terhalang kipas pendingin. Namun, kamu bisa mencari celah di sekitar kipas pendingin untuk melihat permukaan radiator. Gunakan senter untuk menemukan apakah ada korosi, atau terlihat rembesan air. Kedua hal itu menjadi tanda adanya kerusakan pada radiator mobil kamu. Atau kamu juga bisa lihat penampang bagian bawah tangki radiator dari arah kolong mobil. Dari situ bisa terlihat jika sudah tumbuh karat akibat korosi.

  1. Lumpur di Tutup Radiator

Air radiator yang tidak pernah diganti akan mengalami kerusakan. Biasanya akan timbul endapan lumpur yang berpotensi menyumbat saluran radiator. Makanya, saat mesin dingin cobalah buka tutup radiator. Bila ada lumpur di tutup dan leher radiator, bisa dipastikan sudah saatnya kamu menguras air radiator untuk mencegah kerusakan lebih luas. Cegah radiator mobil rusak dengan memilih air radiator berteknologi tinggi. Air radiator Prestone dengan teknologi COR-GUARD secara instan menghentikan penyebaran karat, korosi, residu & penumpukan deposit. Di riset selama 7 tahun dengan 17 paten. Formula dengan Anti Korosi TERBAIK yang pernah diciptakan Prestone. Perlindungan 10 tahun / 480.000 km. Tidak akan Void Warranty kendaraan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *